Apakah Anda Memiliki Masalah Kesuburan? Periksa 5 Tanda Awal Ini

Selasa, 14 Januari 2020 - 10:44 WIB
Apakah Anda Memiliki Masalah Kesuburan? Periksa 5 Tanda Awal Ini
Apakah Anda Memiliki Masalah Kesuburan? Periksa 5 Tanda Awal Ini
A A A
JAKARTA - Tanda-tanda infertilitas tidak selalu mudah dikenali dan penyebab kesuburan wanita terkadang sulit didiagnosis. Inilah sebabnya mengapa penting untuk menjadi proaktif dalam hal kesehatan sistem reproduksi Anda dan memperhatikan tanda-tanda awal ketidaksuburan.

Jadi, jika Anda telah mencoba untuk hamil, tetapi masih belum berhasil, mungkin ada sejumlah alasan yang sama.

Seperti dilansir Times of India, hal pertama yang dilakukan, penting untuk dipahami bahwa hamil memang membutuhkan waktu dan itu normal untuk mencoba selama beberapa bulan sebelum Anda hamil.

Infertilitas didefinisikan sebagai ketidakmampuan untuk hamil dengan hubungan seks tanpa kondom selama satu tahun. Jadi, normal untuk khawatir tentang kesuburan Anda ketika Anda telah mencoba untuk hamil, setidaknya satu tahun tanpa hasil.

Ada 5 kemungkinan alasan mengapa Anda belum hamil. Berikut ulasannya:
1. Haid tidak teratur

Siklus menstruasi Anda harus menjadi hal pertama yang perlu Anda lacak ketika Anda mencoba untuk hamil. Periode tidak teratur atau periode absen sama sekali adalah tanda bahaya terbesar yang Anda tidak berovulasi secara teratur.

Walaupun tidak jarang memiliki periode tidak teratur dari waktu ke waktu, jika itu menjadi kejadian rutin, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan spesialis kesuburan atau dokter kandungan Anda. Dari ketidakseimbangan hormon, berolahraga terlalu banyak hingga kondisi medis tertentu seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), ada beberapa alasan di balik siklus menstruasi yang tidak teratur.

2. Usia

Usia adalah faktor lain yang memainkan peran penting dalam kehamilan. Untuk wanita, setelah usia 35 dan pria setelah usia 30, maka kemungkinan untuk hamil lebih rendah daripada wanita dengan usia 30-an dan kesuburan akan menurun seiring bertambahnya usia. (Baca juga: Daftar Lengkap Nominasi Oscar 2020, Empat Film Ini Bersaing Ketat ).3. Kelebihan atau kekurangan berat badanPenting untuk dipahami bahwa berat badan Anda juga memainkan peran utama dalam kehamilan. Karena itu, jika Anda berencana untuk memiliki bayi, penting untuk tetap sedekat mungkin dengan berat badan sehat Anda.

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan masalah hormonal pada wanita dan dapat menghambat peluang pembuahan. Namun, bukan hanya kelebihan berat badan yang mengacaukan proses pembuatan bayi, tetapi berat badan juga dapat memiliki efek buruk pada kesuburan Anda.

4. Alkohol dan rokok

Jika Anda telah berusaha untuk hamil tanpa hasil, sekarang saatnya Anda memperhatikan kebiasaan merokok dan minuman beralkohol. Sebagai aturan praktis, sangat disarankan untuk berhenti merokok dan konsumsi minuman keras karena dapat menghalangi kehamilan.

Dianjurkan agar wanita yang mencoba memiliki bayi atau wanita hamil, tidak boleh minum alkohol atau merokok sama sekali untuk menjaga risiko kesehatan pada bayi serendah mungkin.

5. Antidepresan

Jika Anda meminum obat yang diresepkan untuk kesehatan mental atau gangguan suasana hati lainnya, ada kemungkinan antidepresan kelas SSRI memengaruhi peluang Anda untuk hamil. Meskipun penelitiannya masih terbatas, jika Anda menggunakan antidepresan, penting untuk mengetahui hal yang sama tentang penyedia layanan kesehatan Anda.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4642 seconds (0.1#10.140)